Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga kantong Nilai Tempat

Skripsi jurusan Pendidikan Matematika:  (kode 3360)
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga kantong Nilai Tempat 

Sri Wahyuningsih, 2007. Skripsi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pembelajaran pengurangan dengan teknik meminjam bilangan 50 sampai 100 dengan metode demonstrasi, memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas I semester II di SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam bilangan 50 sampai 100. Sedangkan manfaat ada 3, bagi peserta didik, bagi peneliti dan bagi sekolah. Manfaat untuk peserta didik adalah meningkatkan hasil belajar, melatih menyelesaikan masalah, berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Manfaat bagi peneliti adalah meningkatkan kreatifitas, kualitas, profesionalisme dan memperluas wacana dalam mengajar. Manfaat untuk sekolah adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan daya tarik tersendiri bagi sekolah.

Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik dengan jumlah 41 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dan setiap siklus ada 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, implementasi, pengamatan dan evaluasi dan refleksi.
Hasil evaluasi siklus I siswa yang mendapat nilai < 70 ada 19 siswa dan yang mendapat nilai ≥ 70 ada 19 siswa. Sedangkan hasil evaluasi siklus II adalah siswa yang mendapat nilai < 70 ada 3 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 70 ada 38. Hasil evaluasi siklus I ketuntasan belajar 50% dan siklus II ketuntasan belajar encapai 93%. Jadi mengalami peningkatan 43%.

Berdasarkan hasil analisis, peneliti memberi simpulan bahwa peserta didik lebih mudah memahami suatu konsep matematika secara kontekstual, dan hasil belajar meningkat bila penyampaian materi menggunakan alat peraga serta motivasi guru.




  • Ingin Berlangganan Internet cepat Unlimited Tanpa Di Batasi Quota Dan Biaya Murah KLIK DISINI


Cara Order

ORDER#NAMA LENGKAP#KODE ORDER

Mohon Order Ke Salah Satu Nomor Di Bawah ini
WhatsApp: 085 855 569 889
SMS: 085 785 563 789
Telp: 085 785 563 789
BBM: 79125972

Katalog Tupperware Menarik Lainnya :

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Pusat Software | Internet Gratis
Copyright © 2011. Apa Kata Dunia - All Rights Reserved
Design By Creating Website Published by Dunia Imagine
Proudly powered by Web Creatif